Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Al-Qur’an dan Sains tentang Banyaknya Pintu-Pintu di Luar Angkasa

Baru saja azan salat isya dikumandangkan sembari bergegas ke masjid untuk menunaikan salat berjamaah, selesai shalat kembali jalan ke rumah bersama jamaah yang lain  sembari menikmati bintang-bintang yang ada dilangit. 

Gambar: Ilustrasi Pintu-pintu Langit

Tiba-tiba terpikir bahwa bukan cuma bumi yang dihuni manusia ada galaksinya, banyak galaksi-galaksi yang lain,  dengan demikian struktur alam semesta ini banyak dipenuhi pintu-pintu, seperti hal hipotesis para ilmuwan alam semesta ini seperti spons yang banyak lubang atau pintu menuju ke galaksi yang lain.

Isyarat tentang pengungkapan struktur alam semesta dibenarkan dalam perspektif sains demikian juga dibenarkan dalam kitab suci agama Islam yaitu Al-Qur’an. Interpretasi tersebut mengabarkan tentang kekuasaan Allah swt. dalam Al-Qur’an tepatnya di QS al-Hijr/15: 14-15.

“Kalau Kami bukakan (salah satu) pintu langit untuk mereka, lalu mereka terus menerus naik ke atasnya, tentulah mereka berkata, “Sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan. Bahkan, kami adalah kaum yang terkena sihir.” (QS al-Hijr/15: 14-15)

Pandangan Mufassir

Menurut Wahbah az-Zuhaili dikutip dalam kitab Tafsir al-Munir, Keangkuhan orang-orang musyrik sangat keterlaluan, hingga adanya tindakan, jika mereka orang kafir benar-benar ke langit dan melihat dengan mata kepala sendiri apa yang mereka lihat dan mereka hanya berkata. Itu hanya khayalan dan ilusi belaka.

Kemudian beliau melanjutkan pendapatnya bahwa ayat tersebut menjelaskan tentang isyarat ilmiah luar angkasa yang gelap. Yang dikatakan dalam ayat tersebut merupakan tempat naik turunnya para malaikat dan itulah namanya pintu-pintu yang terdapat dilangit.

Sedang menurut M. Quraish Shihab dikutip dalam Tafsir al-Misbah, pintu di ilustrasikan sejalan dinyatakan sebelumnya bahwa pintu tersebut mengantarkan masuk dalam alam ruhani dimana para malaikat bertasbih mensucikan Allah swt.

Ayat tersebut mengisyaratkan siang hari menuju sore hari sebagai pintu menuju malam. Demikian pula di isyaratkan jika pintu langit terlihat di siang hari mungkin manusia dapat memandang jelas dan mungkin manusia dapat banyak menyaksikan dan mungkin keadaan mereka tetap akan tidak percaya bahwa itu kekuasaan Allah swt.

Pandangan Sains 

Ayat tersebut tergolong mukjizat Allah swt. dibidang astronomi. Penelitian para astronom membuktikan bahwa yang terdapat di langit tidak kosong demikian juga diyakini para ulama, tapi langit dipenuhi materi-materi seperti gas, hidrogen, helium dan sedikit oksigen, nitrogen, neon dan uap air.

Langit juga dipenuhi berbagai sinar, seperti sinar inframerah, sinar X dan Sinar Gamma. Ini membuktikan bahwa langit mempunyai pintu-pintu yang kukuh, tingkat atas dari atmosfer. Oleh karena itu jika pesawat antariksa keluar dari atmosfer harus menempuh jalur tertentu dan terbatas.

Pesawat tersebut harus melewati sudut dan jalur tertentu agar selamat dari gravitasi bumi menuju angkasa bebas. Jika pesawat tidak mengikuti jalur tertentu bisa saja terbakar. 

Pernah suatu kejadian pesawat antariksa hampir tidak selamat karena tidak mengetahui pintu menuju atmosfer bumi, setelah berbagai usaha yang dilakukan akhirnya pesawat berhasil masuk ke dalam atmosfer bumi.

Penulis : Yuzhril


Posting Komentar untuk " Jawaban Al-Qur’an dan Sains tentang Banyaknya Pintu-Pintu di Luar Angkasa"